Wisata Punthuk Mongkrong

Magelang, salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah ini memang tak pernah sepi oleh para wisatawan. Adanya situs sejarah yang menjadi keajaiban dunia -Candi Borobudur, membuat nama Magelang dikenal di seluruh dunia. Namun, seperti yang kita tahu, selain Borobudur masih banyak tempat wisata di Magelang yang tak kalah keren, seperti: Ketep Pass,  Punthuk Mongkrong, Punthuk Setumbu, Punthuk Sukmojoyo dan Punthuk Gupakan. Diantara punthuk-punthuk tersebut, Punthuk Mongkrong inilah yang tertinggi.

Nah, kali ini Ngadem.com akan mengulas obyek wisata Punthuk Mongkrong. Jika kamu mencari tempat treking asik dengan biaya murah meriah, Punthuk Mongkrong bisa kamu coba. Punthuk yang satu ini terletak di lereng Menoreh, tepatnya di Dsa. Giritengah, Borobudur. Atau sekitar 5 km jaraknya dari Candi Borobudur. Seperti punthuk lainnya yang ada di Magelang, Punthuk Mongkrong juga menawarkan landscape yang sangat menawan, seperti sunrise dan sunset, pegunungan yang dibalut kabut tipis dan juga rimbunnya pepohonan
Puthuk Mongkrong memiliki ketinggian 624mdpl dan menyuguhkan pesona sinar emas yang tak kalah cantik dengan yang ada di pegunungan. Menariknya, untuk menikmati keindahan tersebut kamu tak perlu bercapek-capek dulu seperti halnya ketika kamu mendaki gunung. untuk berada di titip puncak, kamu hanya memakan waktu 30 menit saja. Waktu yang relatif cepat, bukan?
Sunrise dan sunset tersebut akan semakin menawan karena dilatarbelakangi dengan kemegahan Candi Borobudur, Punthuk Sukmojoyo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Pegunungan Menoreh. Untuk menikmati landscape yang menawan tersebut, disediakan tempat duduk yang terbuat dari kayu. Dijamin seru. Oh iya, biar perut kamu terselamatkan saat lapar, jangan lupa bawa bekal dari rumah ya. Buat cemilan dijalan. Dan yang terpenting jangan lupa bawa kamera.

Tiket Masuk Punthuk Mongkrong

Buat kamu yang ngebet banget pingin melihat keindahan Punthuk Mongkrong, kamu cukup membayar retribusi sebesar Rp3.000/orang dan biaya parkir Rp2.000. Harga yang relatif murah, bukan? Hanya dengan mengeluarkan uang Rp5.000 kamu sudah bisa menikmati landscape ala pegunungan menoreh.

Akses Menuju Lokasi Punthuk Mongkrong

Akses menuju lokasi terbilang bagus dan mudah. Jalanannya  pun sudah beraspal dan dicor. Beberpa kilometer sebelum sampai di pintu masuk jalanannya sempit, jadi hanya kendaraan roda dua yang bisa memasuki jalanan tersebut. Jangan lupa bawa senter, karena jalan menuju lokasi belum ada penerangan. Tentunya akan sangat menyeramkan saat hari mulai gelap dengan tidak adanya penerangan. Oh iya, cek dulu kendaraanmu sebelum memutuskan untuk ke sini. Pastikan kondisi kendaraanmu dalam kedaan prima dan full bensin.

Rute Punthuk Mongkrong

Untuk bisa sampai di Punthuk Mongkrong, kamu bisa mengambil jalur selatan yaitu melalui Jalan Badrawati, lanjutkan terus perjalananmu sampai kemudian tiba di perempatan Seganan desa Tuksong. Nah, dari perempatan Seganan belok kanan, lalu lurus terus sampai menemui Balai Desa Karanganyar, lanjutkanl lagi perjalananmu sampai menemukan Balai Desa Giritenga. Sesampainya di Desa Giritenaga, kamu akan dibawa melewati jalanan berasapal yang sempit dan menanjak. Sesampainya di gank kecil yang dipenuhi dengan rumah warga, itu tandanya sedikit lagi kamu akan sampai di pintu masuk Puntuk Mongkrong.
Sumber : http://ngadem.com/

Komentar

Postingan Populer