Gardu Pandang Suroteleng Boyolali

Nah, jika kamu sedang di Boyolali atau ada rencana mau ngetrip ke Boyolali, coba deh berkunjung ke puncak Suroteleng di Desa Suroteleng, Kecamatan Selo. Di puncak Suroteleng ini, kamu akan bertemu sebuah gardu pandang di mana jadi tempat untuk melihat harmonisasi alam antara hawa dingin, kabut tipis,  Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan keelokan kota Boyolali yang berbalut pepohonan hijau. Sangat cocok sekali buat kamu yang ingin selfie dengan landscape gunung dan alam sekitar.


Akses menuju lokasi Gardu Pandang Suroteleng

Akses menuju lokasi terbilang cukup ekstrim, medannya menanjak dan beberapa meter sebelum sampai lokasi jalanan sedikit berbatu. Jika turun hujan, berhati-hatilah, karena jalanan akan licin dan becek. Buat kamu yang belum mengerti medan, kendaraan dititipkan di rumah warga selanjutnya dilanjutkan dengan berjalan kaki yang memakan waktu kurang lebih sekitar 1 jam dan 15 menit jika menggunakan sepeda motor. Oh iya, karena tempat ini masih dalam proses pembangunan, harap dimaklumi jika ada fasilitas yang kurang. Untuk harga tiket sementar ini masih gratis.

Tips saat berkunjung ke Gardu Pandang Suroteleng

  • Pastikan kondisi fisik badan dan kendaraanmu dalam keadaan prima. Hawa yang dingin dan jalan yang menanjak, akan menguras energi badan juga kendaraanmu. Pastikan juga kendaraanmu dalam keadaan full bensin.
  • Lokasinya yang berada di lereng gunung, membuat tempat ini berhawa dingin. Nah, buat kamu yang tak tahan hawa dingin, sebaiknya pakailan pakaian tebal. Dan, jangan lupa bawalah bekal makanan dan minuman karena belum ada warung di Gardu Pandan Suroteleng.
  • Buat kamu pecinta sunrise, puncak Suroteleng di Boyolali ini bisa menjadi pilihan tepat. Meski masih terbilang spot baru, tapi view di sini cukup menjanjikan dengan catatan langit sedang tidak mendung.
  • Jika kamu berkunjung sore hari, usahakan pulang sebelum gelap. Sebab, belum ada lampu penerang sepanjang jalan.
  • Karena jalanannya menanjak, sebaiknya gunakanlah alas kaki yang memang dikhususkan untuk mendaki. Pokoknya tetap utamakan keselamatan.
  • Puncak Suroteleng memiliki view yang indah dan memesona, maka sangat disayangkan bila kesini tak mengabadikannya. So, datang kesini wajib banget bawa kamera.
  • Boyolali sudah memperoleh penghargaan sebanyak 11 kali sebagai kota terbersih di Indonesia. Maka, bantu warga setempat untuk tetap menjaga kebersihannya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang tidak bersikap semena-mena. Boleh bersenang-senang, tapi tetap jaga sikap dan keindahan alam sekitar.

Komentar

Postingan Populer