Menikamati Keindahan Negeri di Atas Awan di Puncak B-29 Lumajang


 Related image
Negeri diatas awan ini termasuk dalam kawasan taman nasional Bromo yang menjadi objek wisata Unggulan Kabupaten Lumajang. Ketinggian Puncak mencapai 2.900 m diatas permukaan air laut. Dengan ketinggian tersebut para wisatawan dapat melihat keindahan gumpalan awan dari tempat yang tinggi diatas gunung. Karena keistimewaan panorama awan yang disajikan, maka wisata ini disebutlah sebagai negeri diatas awan.

Menikmati Panorama Keindahan Negeri Diatas Awan

Puncak B29 Negeri diatas awan

Para wisatawan yang tidak menginap umumnya mendaki puncak B29 Lumajang dan menikmati pemandangan pada sore hari, tepat saat matahari hendak tenggelam. Untuk dapat menikmati suguhan pemandangan yang luar biasa, sangat direkomendasikan untuk menginap agar dapat melihat beragam pemandangan di pagi hari.
Advertisement
Pemandangan Puncak B29 dari arah timur
Dari arah timur para pendaki dapat melihat bentangan awan yang sangat luas nan cantik dan diiringi dengan matahari pagi yang bersiap siap menampakkan wajahnya. Oleh karena itulah tempat ini disebut dengan Negeri Diatas Awan. Apabila ingin melihat matahari terbit ini, pendaki harus sudah berada di puncak sekitar jam 4 pagi. Perlu diketahui bahwa suhu ketika berada di puncak pada jam jam tersebut sangatlah dingin, bahkan pada kondisi tertentu dapat mencapai 5 derajat celcius.
Pemandangan Puncak B29 dari arah barat
Dari arah barat wisatawan dapat memanjakan matanya dengan menikmati pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Batok yang sangat indah, disertai dengan lautan pasir yang sangat luas.

Image result for puncak b29 lumajang
Pemandangan Puncak B29 dari arah utara
Dari arah utara wisatawan disuguhkan pemandangan yang tidak kalah menawan, yang mana terdapat sebuah puncak B30, dimana ketinggian dari puncak B30 ini mencapai 3000 meter diatas permukaan air laut.
Pemandangan Puncak B29 dari arah Selatan
Dari arah selatan para wisatawan dapat melihat Gunung Semeru yang berdiri kokoh dengan asapnya. Awan yang menyelimutinya membuat Gunung Semeru ini semakin Cantik bak lukisan imajenasi.
Selain pemandangan diatas, juga terdapat pemandangan ladang persawahan yang cukup luas, yaitu perkebunan Argosari. Perkebunan ini sangat indah dan tergolong unik dalam cara pengolahan nya, karena letaknya yang berada di lereng gunung yang sangat curam.
Suasana di puncak selalu membuat mata betah dan seolah tidak ada habis habisnya.\
Image result for puncak b29 lumajang


 Related image

Puncak B29 di Malam Hari

Pada saat malam hari suasana mulai dingin dan angin yang berhembus mulai kencang. Namun hal ini membuat keadaan semakin klop dengan hadirnya gemerlapan bintang bintang kecil yang manja di langit gelap. Kelap kelip lampu penduduk desa setempat yang terlihat dari kejauhan seolah ingin ikut menyinari pekat nya malam.
Puncak B29 Malam hari
Sajian Hangat Malam hari di Puncak B29
Di kawasan puncak terdapat beberapa penjual makanan makanan ringan dan minuman minuman hangat. Tidak ada satupun dari penjual tersebut yang menyediakan nasi, melainkan hanya mie instan saja dan aneka minuman hangat lainnya.
*Tiket masuk puncak B29 : Rp.3.000
Bekal yang harus dipersiapkan ketika Berkunjung ke Puncak B29 Lumajang
Hal yang harus ada ketika bermalam di puncak B29 adalah Jaket yang tebal, lampu senter, sleeping bag(digunakan sebagai alas tidur), tenda, obat-obatan ringan, makanan camilan, dan perlengkapan tambahan seperti kamera dll.Apabila tidak berencana untuk menginap, perlengkapan yang harus dibawa cukup Jaket atau kamera untuk mengambil gambar. Namun ketika berencana untuk bermalam, perlengkapan yang harus dipersiapkan akan lebih banyak.

Lokasi Wisata Puncak B29 Lumajang

Puncak B29 atau yang juga dikenal dengan sebutan Negeri Diatas Awan ini berlokasi di Lumajang, tepatnya di desa Argosari kecamatan Senduro. Puncak B29 masih dalam satu rangkaian dengan Gunung Semeru dan Bromo yang terletak di area perbatasan Kabupaten Lumajang dan Probolinggo.

Rute dan Jalur ke Puncak B29 Lumajang

Untuk sampai ke lokasi, satu-satunya transportasi yang dapat digunakan adalah kendaraan pribadi atau menggunakan jasa travel, karena memang tidak ada transportasi umum yang menuju kawasan ini.
Apabila berencana melakukan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, disarankan agar berhati hati mengingat tidak adanya lampu penerangan jalan, khususnya ketika sampai di desa Kandang Tepus. Terlebih lagi, infrastruktur seperti akses jalan agak sedikit kurang baik.
Rute Puncak B29 Lumajang dari arah Sidoarjo (Barat)
Sidoarjo => Kec. Dampit (Malang) => Kec. Senduro (Lumajang) => Desa Argosari (Lumajang) => Puncak B2
Rute Puncak B29 Lumajang dari arah Jember (Timur)
Jember => Lumajang Kota => Kec. Senduro (Lumajang) => Desa Argosari (Lumajang) => Puncak B29
Tepat di area memasuki pintu masuk Desa Argosari terdapat beberapa tukang ojek yang sangat ramah. Mereka biasanya menawarkan untuk mengantarkan para wisatawan menuju lokasi Puncak B29 dan wisatawan menitipkan kendaraannya di area masuk tersebut. Kendaraan yang dititipkan relatif aman karena akan dijaga dengan baik.
Untuk menggunakan jasa bapak-bapak tukang ojek yang ramah ini harus merogoh kocek sekitar Rp.70.000.  Sedangkan untuk tiket masuknya sangat amat murah, yaitu hanya Rp.3000 saja. Uniknya, para tukang ojek tadi akan memberikan sebuah nomor telpon. Hal ini dimaksudkan agar apabila wisatawan ingin pulang mereka dapat menghubungi tukang ojek yang sebelumnya telah mengantarkannya.
Jarak dari pintu masuk menuju desa Argosari menuju lokasi adalah 8km dan umumnya kurang lebih memakan waktu 30 menit. Apabila memilih untuk berjalan kaki dengan menelusuri jalan jalan alam, membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam.

Related image
Related image
Image result for puncak b29 lumajang

Komentar

Postingan Populer